Selasa, 04 Oktober 2011

Tugas Softskill Minggu ke 5

TUGAS SOFTSKILL MINGGU KE 5


KElas       : 1EB21
Nama       : 26211720 SHAKINA DWIANDARI
                 20211954 ANNISA DWI PUTRI
                 21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
                 25211878 RANI HANIFAH 
                 26211986 SYARAFINA GHASSANI


Planning

Planning (perencanaan) merupakan pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan program dalam metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Organizing

Organizing (pengorganisasian) :

1. Penentuan sumber daya dan kegiatan yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan yang baik.
3. Adanya penegasan tanggung jawab tertentu
4. Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu untuk melaksanakan tugasnya.

Staffing

Staffing (penyusunan) adalah penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan yang memberi orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan bersifat secara produktif.

Leading

Leading (pengarahan) adalah mendapatkan karyawan untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan. Pekerjaan leading, meliputi lima macam kegiatan, yaitu mengadakan komunikasi, mengambil keputusan, memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, memilih orang-orang yang akan menjadi anggota kelompoknya, dan memberikan suatu wawasan juga pengetahuan agar terampil dalam usaha mencapai suatu tujuan

Controlling
Controlling  (pengawasan) adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.
Directing atau Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
Penerapan Dalam Diri :kita bisa mengatur segala hal yang kita punya dengan baik, dalam kegiatan sehari-hari saya suka manage waktu saya antara kuliah dengan mengerjakan bisnis saya (oriflame) saya harus adaptasi di dunia perkuliahan agar semuanya berjalan dengan lancar. Saya juga belajar untuk mengatur uang agar tidak cepat habis dan boros. Saya menabung sebagian uang saya di bank dan manfaatnya saya bisa lebih nyaman dengan memanage waktu dan uang saya. Semuanya berjalan dengan lancar sesuai yang saya inginkan.

Manfaat Manajemen :
- Manajemen sebagai suatu proses,
- Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
- Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu pengetahuan


2. Apa ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manejemen yang berkaitan :
* Dengan hubungan antar pribadi
* Dengan informasi
* Dengan pengambilan keputusan
Jawab :

Berkaitan dengan hubungan antar pribadi :
1.Pemimpin lambang (figurehead)
Kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan
3.Penghubung (liaison) untuk memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.

Berkaitan dengan informasi :
1. Pemantau (monitor) sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal
2. Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan
3. Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Berhubungan dengan pengambilan keputusan :
1. Wirausaha ( entrepreneur ) : mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya dengan cara usaha-usaha yang bisa dilakukan secara baik
2. Pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.

3. Sebutkan bentuk-bentuk organisasi?
Jawab :
  •  Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan bentuk organisasi paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer, cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.

  • Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan sebagian pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.


  •  Bentuk Organisasi Fungsional dan Staff
Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar