Jumat, 11 November 2011

TUGAS Kelompok SOFTSKILL MINGGU KE 9

Kelas                      :  1EB21
Nama Anggota         :
26211720 SHAKINA DWIANDARI
                               20211954 ANNISA DWI PUTRI
                               21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
                               25211878 RANI HANIFAH   
                               26211986 SYARAFINA GHASSANI
 
TUGAS MINGGU 9
1.MANAJEMEN KEUANGAN ADALAH : …………………
SEBUTKAN KEPUTUSAN MANAJER KEUANGAN ITU APA SAJA
SERTA KEGIATAN SEORANG MANAJER KEUANGAN BERKAITAN DENGAN
ERAT DENGAN …………..
2.APA YG DIMAKSUD DENGAN KAPITAL BUDGETING DAN SEBUTKAN
METODE PERHITUNGANNYA
3.BERIKAN ALASAN MENGAPA MANAJER KEUANGAN MENCARI DANA


Jawab :

  1. Manajemen keuangan adalah Manajemen Keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi- fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut.
» Keputusan manajer keuangan adalah Ada pun keputusan keuangan yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan dikelompokkan ke dalam tiga 3 jenis:
    • Mengambil keputusan investasi (investment decision), Menyangkut masalah pemilihan investasi yang diinginkan dari sekolompok kesempatan yang ada
    • Mengambil keputusan pembelanjaan (financing decision), Menyangkut masalah pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang tersedia untuk melakukan investasi, memilih satu atau lebih alternatif pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah.
    • Mengambil keputusan dividen (dividend decision) atau dividen policy, Menyangkut masalah penentuan besarnya persentase dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham.
» Manager keuangan berkaitan dengan perhitungan-perhitungan di bidang perekonomian, contohnya seperti akuntansi yang menghitung, membuat buku besar dan mengatur segala keuangan yang dimiliki oleh suatu perusahaan
  1. Capital budgeting merupakan keseluruhan proses pengumpulan, pengevaluasan, penyeleksian dan penentuan alternative penananman modal yang akan memberikan penghasilan bagi perusahaan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun

» Metode perhitungannya :
 
    • Cashflow Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan akan bisa ditutup oleh penerimaan penerimaan dimasa yang akan datang. untuk menghitung aliran kas atau cashflow adalah denganmenambah keuntungan setelah pajak dengan pengeluaran tidak tunai. Rumusnya :

CASHFLOW = EAT + PENYUSUTAN

.

    • Average rate of return
Perhitungan Average rate of return didasarkan atas jumlah keuntungan bersih sesudah pajak (EAT) yang tampak dalam laba rugi. Pengukuran denganteknik rate of return ini sering pula disebut degan istilah yang perhitunganya dilakukan sebagai berikut:
cara perhitungannya dengan jalan membagi dua jumalah Investasirata ± rata ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengunakan metode depresiasigaris lurus dan nilai residua tau slvage value pada akhirumur ekonomis proyek.Dan dengan demikian nilai buku aktiva akan akan menurun pada nilai konstan,mulai dari nilai Investasi yang semula samapai dengn Rp 0pada akhir umur proyek.

Rata-rata Pengembalian = Rata-rata pendapatan : pengembalian rata-rata




  1. Alasan dari manager keuangan mencari dana adalah
    • Memperoleh modal untuk perusahaan
    • Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan
    • Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan
    • Memaksimalisasi nilai perusahaan, dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar