Kamis, 03 November 2011

TUGAS SOFTSKILL MINGGU KE 1

Tugas minggu 1


kelas                : 1EB21
nama anggota : 25211878 RANI HANIFAH
                            20211954 ANNISA DWI PUTRI
                            21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
                            26211720 SHAKINA DWIANDARI
                            26211986 SYARAFINA GHASSANI

1.Bisnis adalah sebuah usaha jual beli barang atau jasa dengan tukar menukar barang atau jasa dengan sebuah alat pembayaran untuk memperoleh keuntungan atau laba serta untuk memenuhi kebutuhan hidup. kenapa bisa demikian, karena dilihat dari kebutuhan manusia yang bermacam-macam terhadap suatu barang/jasa, serta pergeseran hidup manusia dan perkembangan masyarakat baik kuantitatif atau kualitatif dapat menelurkan sebuah peluang bisnis bagi seseorang dengan pengelolaan yang baik serta didukung kiat-kiat bisnis agar menguntungkan.

2.Bisnis pertama kali muncul sebenarnya sejak zaman primitive, yang dahulunya masyarakat primitive melakukan bisnis dengan cara barter, atau saling menukar barang yang sama nilainya. Seiring perubahan zaman yang semakin modern, kini masyarakat melakukan sebuah bisnis dengan menggunakan  uang untuk mendapatkan sebuah barang yang dia butuhkan,

3.Seseorang belajar bisnis memiliki alasan-alasan tersendiri, supaya bisa menjual maka dapat untung yang bisa dalam bentuk uang misalnya. Jika dapat uang maka bisa untuk beli jajan, untuk biaya sekolah diri sendiri atau anak, untuk tabungan, untuk modal investasi, untuk membeli rumah, untuk disumbangkan ke panti asuhan, untuk membantu orang tua agar senang di masa tua mereka. Dan ada juga orang-orang yang bertujuan ingin memperbaiki pola hidupnya ataupun juga memperbaiki kehidupannya yang dulu kurang mampu dan mungkin dengan jalan berbisnis orang-orang yang berpikir seperti itu bisa memiliki uang yang banyak dan bisa membeli apa saja yang dia mau. Pada intinya agar kita bisa mengetahui seluk beluk bagaimana cara menjual dan mendapatkan peluang untuk mempermudah cara mendapatkan profit/keuntungan,baik barang dan  jasa.

4.Faktor produksi adalah sumberdaya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang atau jasa, dengan melakukan proses, dan mengubah faktor-faktor produksi dari sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi sesuatu yang bermanfaat .
a.
Sumberdaya Alam



Sumberdaya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sumberdaya alam meliputi,seperti:
Ø   Tanah, tumbuhan, hewan.
Ø  Udara, sinar matahari, hujan.
Ø  Bahan tambang.

Faktor produksi sumberdaya alam merupakan faktor produksi asli karena telah tersedia di alam langsung. Contohnya, pisang batu dapat dijadikan menjadi manisan dan bulu ayam bisa dijadikan kok (shuttlecock).


b.
Tenaga Kerja Manusia

Tenaga kerja manusia adalah orang yang bekerja dengan seluruh upayanya yang meliputi bakat dan keahlian untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Contoh beberapa tenaga kerja manusia,diantaranya:

a).
Tenaga kerja terdidik, adalah pekerja yang memiliki pendidikan baik formal maupun non formal.
Contoh: guru, dokter, pengacara.
b). 
Tenaga kerja terlatih, adalah tenaga kerja yang mendapat keahliannya dari berbagai kursus yang diikutinya serta pengalamannya dalam bekerja.

Contoh: montir, tukang kayu, tukang ukir, sopir, teknisi.
c)
Tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih, adalah tenaga kerja yang mengandalkan kekuatan jasmani.

Contoh: tenaga kuli pikul, tukang sapu, pemulung, buruh tani.



c.
Sumberdaya Modal

Modal adalah barang-barang yang yang dipakai untuk memproduksi barang/jasa lain seperti mesin,peralatan dan bangunan.

Modal dapat dibedakan menurut:

1)
Kegunaan dalam proses produksi.

a)
Modal tetap adalah barang-barang modal yang dapat digunakan berkali-kali dalam proses produksi.

Contoh: gedung, mesin-mesin pabrik.

b)
Modal lancar adalah barang-barang modal yang habis sekali pakai dalam proses produksi.
Contoh: bahan baku, bahan pembantu.
2)
Bentuk Modal

a)
Modal konkret (nyata) adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dalam proses produksi.
Contoh: mesin, bahan baku, gedung pabrik.

b)
Modal abstrak (tidak nyata) adalah modal yang tidak dapat dilihat tetapi mempunyai nilai dalam perusahaan.

Contoh: nama baik perusahaan dan merek produk.

d.
Sumberdaya Pengusaha

Pengusaha adalah orang-orang yang mengorganisasikan sumber daya produktif lainnya untuk memproduksi barang dan jasa. Sebagai pemicu proses produksi, pengusaha perlu memiliki kemampuan yang dapat diandalkan. Untuk mengatur dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi, pengusaha harus mempunyai kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan usahanya.

5.Lingkungan Internal Perusahaan adalah berberapa  hal atau berbagai pihak yang terkait langsung dengan suatu  organisasi atau perusahaan yang mengkaji pemasaran dan distribusi perusahaan,penelitian dan pengembangan.
Faktor lingkungan internal terdiri dari faktor keuangan Perusahaan, Pemasok, Perantara,pemasaran, Pelanggan, dan Pesaing yang dapat menentukan titik kelemahan dan kekuatan dari perusahaan tersebut , dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program serta kebijakan dari perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar