Senin, 12 Desember 2011

Tugas Individu Softskill


NAMA   : SHAKINA DWIANDARI
KELAS  : 1EB21
NPM      : 26211720


Perekonomian di Indonesia dan Sistem Perekonomiannya


  • Kinerja ekonomi Indonesia tetap positif dengan potensi yang lebih baik lagi di masa depan, walaupun demikian, perkembangan terakhir menunjukkan tantangan dan risiko tetap ada.

  • Ekonomi meningkat pada level sedang pada Q1 2011, tapi masih menunjukan pertumbuhan pertumbuhan tahun-ke-tahunnya 6,5 persen.

  • Portfolio penanaman modal tetap kuat. Aliran penanaman modal asing terus meningkat.

  • Baseline proyeksi untuk pertumbuhan Indonesia tidak berubah di 6,4 persen untuk tahun 2010 dan 6,7 persen untuk 2012, meskipun ketidakpastian dirasakan mulai meningkat.

  • Gangguan di pasar finansial yang disebabkan krisis utang Euro zone yang belum lama ini terjadi, menjadi sumber utama ketidakpastian dan mengingatkan kita bagaimana Indonesia sangat rentan untuk terkena dampak pergerakan aliran modal jangka pendek.

  • Harga minyak yang tinggi menunjukkan opportunity cost subsidy energy Indonesia, dimana penghematan yang berasal dari reformasi dapat digunakan untuk mengurangi dampak buruknya bagi rumah tangga yang rentan.

  • Pengeluaran pemerintah yang tidak terencana dengan baik menggambarkan hambatan dalam memperbaiki pelayanan publik dan penyediaan infrastruktur.

  • Rendahnya kualitas infrastruktur merupakan salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

  • Seperti ditekankan dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025, perbaikan aspek perhubungan merupakan faktor penting bagi Indonesia untuk mencapai potensi pertumbuhannya di masa depan.

  • Untuk mendukung implementasi Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025, diperlukan prioritas kebijakan dan investasi serta komitmen dan koordinasi politik untuk menerapkan berbagai reformasi yang diperlukan.
Selain melihat perkembangan terkini dan prediksi ke depan ekonomi Indonesia, Bagian B dari Laporan Triwulan Ekonomi Indonesia mengkaji beberapa topik yang sedang hangat, seperti Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan naiknya aliran penanaman modal asing langsung. Bagian C melihat periode jangka menengah dan membahas pentingnya mengatasi tantangan dalam hal infrastruktur untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan. Laporan ini kemudian mengulas Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 yang belum lama ini dikeluarkan pemerintah, dengan fokus pembahasan pada isu konektivitas yang menjadi pilar utama rencana tersebut.

Sistem-sistem perekonomian di Indonesia :
  1. Sistem ekonomi Sosialis yaitu suatu sistem yang menjadikan pemerintah sebagai pusat dari segala macam kegiatan ekonomi yang berada di Indonesia. Selain Indonesia ada negara Rusia yang merupakan gawang dari sistem ekonomi sosialis.
  2. Sistem ekonomi Liberal yaitu sistem ekonomi yang membebaskan segala macam kegiatan ekonomi kepada rakyat tanpa adanya campur tangan dari pemerintah. Semua orang bebas melakukan apa saja. Sistem ini digawangi oleh negara Amerika
  3. Sistem Ekonomi Campuran yaitu kombinasi dari dua sistem yang di atas artinya rakyat di beri hak untuk memilih apa yang ia inginkan tetapi pemerintah juga ikut mengawasi dan mengatur jalannya kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia
Sistem perekonomian Indonesia sudah condong ke arah barat (luar negeri) cara mengatasi keadaan tersebut membutuhkan waktu, upaya dan daya untuk mengatasinya agar lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar