Sabtu, 17 Desember 2011

Tugas Individu Softskill

NAMA : SHAKINA DWIANDARI
KELAS : 1EB21
NPM    : 26211720

PERKEMBANGAN EKONOMI PADA MASA ORDE BARU

Pada masa awal Orde Baru. Pembangunan ekonomi di Indonesia maju pesat. Mulai dari pendapatan perkapita, pertanian, pembangunan infrastruktur,dll. Saat permulaan Orde Baru program pemerintah berorientasi pada usaha penyelamatan ekonomi nasional terutama pada usaha mengendalikan tingkat inflasi, penyelamatan keuangan negara dan pengamanan kebutuhan pokok rakyat. Tindakan pemerintah ini dilakukan karena adanya kenaikan harga pada awal tahun 1966 yang menunjukkan tingkat inflasi kurang lebih 650 % setahun. Hal itu menjadi penyebab kurang lancarnya program pembangunan yang telah direncanakan pemerintah.

Untuk melaksanakan langkah-langkah penyelamatan tersebut maka ditempuh cara:
aMengadakan operasi pajak
b.Cara pemungutan pajak baru bagi pendapatan perorangan dan kekayaan dengan
menghitung pajak sendiri dan menghitung pajak orang.

Pemerintah lalu melakukan Pola Umum Pembangunan Jangka Panjang (25-30 tahun) dilakukan secara periodik lima tahunan yang disebut Pelita(Pembangunan Lima Tahun). 

 Di awal Orde Baru, Suharto berusaha keras membenahi ekonomiIndonesia yang terpuruk, dan berhasil untuk beberapa lama. Kondisi ekonomiIndonesia ketika Pak Harto pertama memerintah adalah keadaan ekonomi denganinflasi sangat tinggi, 650% setahun.

Sumber:http://sambelalab.wordpress.com/2010/11/09/pembangunan-ekonomi-pada-masa-orde-baru-dibawah-rezim-soeharto/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar