Senin, 21 Oktober 2013

Tugas 3 Softskill Bahasa Indonesia 2

Nama : Shakina Dwiandari
NPM   : 26211720
Kelas  : 3EB19

TUGAS SOFTSKILL 3

Contoh tulisan ilmiah populer,dengan topik persitiwa-peristiwa yang terjadi saat ini

Presiden Klaim Sejahterakan Rakyat

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai kehidupan rakyat hingga pelosok tanah air semakin baik dalam sembilan tahun kepemimpinannya. Meskipun, Presiden mengaku masih ada yang perlu diperbaiki.

"Tentu tidak jujur kalau (dikatakan) tidak ada kemajuan sama sekali, tidak ada perbaikan sama sekali dari kehidupan rakyat di seluruh tanah air," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Gerakan Sadar Jaminan Kesehatan melalu BPJS Kesehatan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa), Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/10/2013). Dalam pidatonya, Presiden kembali memaparkan berbagai program untuk membantu rakyat miskin selama pemerintahannya. Program itu, yakni Jamkesmas, Jamkesda, beras miskin, dana bantuan operasional sekolah, bea siswa miskin, kredit usaha rakyat, Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan, dana bantuan sosial, dan lainnya. 

Presiden lalu membanggakan kondisi ekonomi Indonesia. "Dengan ketekunan kita, Alhamdullilah, meski dunia belum aman, pada dasarnya kita bisa jaga perekonomian selama sembilan tahun ini. Bahkan sebenarnya masih tumbuh positif," katanya. Sebelum berbicara mengenai BPJS Kesehatan, Presiden berpesan kepada pemimpin selanjutnya agar seluruh programnya dilanjutkan lantaran dianggap membawa manfaat nyata bagi rakyat, terutama rakyat miskin. "Jangan tidak dijalankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan. Tetapi yang belum baik pada era saya bisa diperbaiki dan disempurnakan," pungkas Presiden. 

Seperti diberitakan, hasil survei Pol-Tracking Institute menunjukkan mayoritas responden atau 51,5 persen menyatakan tidak puas terhadap kinerja empat tahun pemerintahan SBY-Boediono. Sebanyak 40,5 persen responden menyatakan puas dan delapan persen tidak tahu. Dari hasil survei itu, bidang ekonomi yang paling mendapatkan penilaian buruk responden. Bidang lain, yakni hukum dan keamanan. Kinerja pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan diapresiasi oleh mayoritas responden. Begitu pula dengan hasil jajak pendapat Kompas. Apresiasi publik terhadap kinerja SBY-Boediono tidak kunjung membaik. Persepsi publik terhadap penegakan hukum, kesejahteraan raktat, stabilitas politik, dan pemulihan ekonomi dinilai jalan di tempat.

Analisis : Menurut pendapat saya, karya tulis diatas merupakan karya tulis yang terjadi di masyarakat pada saat ini karena SBY mengklaim kesejahteraan rakyatnya. Topik tentang bapak SBY sedang populer di kalangan penulisan ilmiah karena banyak pro dan kontra yang terjadi selama SBY menjadi Presiden RI.

SBY seorang tokoh masyarakat yang mempunyai banyak tugas tentang negara Indonesia. Beliau memimpin Indonesia dari sabang sampai merauke. Beliau kembali memaparkan berbagai program untuk membantu rakyat miskin selama pemerintahannya. Programnya, yakni Jamkesmas, Jamkesda, beras miskin, dana bantuan operasional sekolah, bea siswa miskin, kredit usaha rakyat.

Berbagai program tersebut, kata Presiden, telah menghapuskan beban rakyat miskin. Walaupun masih banyak beberapa saudara kita di Indonesia yang mengalami kemiskinan namun angka kemiskinan menurut beliau semakin berkurang kareng program tersebut sangat bermanfaat untuk warga yang kurang mampu. Tetapi tetap saja beberapa warga negara RI tidak merasa puas dengan kinerja SBY-Boediono karena bagi negara RI tidak kunjung membaik karena bagi saya, pemimpin yang bijaksana adalah pemimpin yang menyatu dengan rakyatnya, melihat secara langsung (terjun ke lapangan) kondisi rakyat dan negara yang dipimpinnya. Pemikirannya terbuka, jujur, bertanggung jawab, anti korupsi, dan dapat mempertimbangkan suara dari rakyat. Semoga saja untuk selanjutnya kinerja SBY-Boediono bisa lebih baik dan rakyat akan merasa puas dengan program-program yang sudah di buat.

Sumber:http://nasional.kompas.com/read/2013/10/21/1801250/Presiden.Klaim.Sejahterakan.Rakyat?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar