Sabtu, 09 November 2013

Tulisan Sofskill 11 (Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 6 persen)

Nama : Shakina Dwiandari
NPM  : 26211720
Kelas  : 3EB19

Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 6 persen

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan bisa mencapai 6 persen pada tahun ini kendati pada kuartal III-2013 pertumbuhan PDB hanya di level 5,6 persen.

Ekonom Bank DBS Indonesia Gundy Cahyadi mengatakan, tingkat keyakinan konsumen terlihat telah membaik di bulan Oktober, di samping juga pasar finansial. "Proyeksi kami untuk tingkat pertumbuhan berada di 6 persen bukanlah merupakan suatu hal yang mustahil," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (8/11/2013).

Pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2013 terlihat melemah di posisi 5,6 persen. Angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan perkiraan sebelumnya, yakni 5,7 persen. Namun, ia mengaku masih memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di level 5,8 persen.

"Faktor utama penyebab melemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah surutnya laju investasi di dalam negeri. Jika kita merujuk pada tingginya laju investasi pada tahun 2012 lalu, perlambatan di tahun ini sebenarnya tidak terlalu mengherankan walaupun lajunya memang terlihat lebih cepat dari yang sebelumnya diperkirakan," kata Gundy di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Analisis : Menurut saya pada saat ini perekonomian indonesia sudah mulai membaik dan mencapai 6 % namun ada sedikit kelemahan karena adanya laju investasi di dalam negeri dan konsumen yang di dalam negeri masih menggunakan produk import yang menyebabkan banyaknya produk dalam negeri yang kurang di minati konsumen.  Sebaiknya kita harus memakai produk dalam negeri karena tidak adanya biaya dalam import.

Untuk tahun depan, kondisi perekonomian nasional akan lebih baik dari tahun ini. Jika kenaikan upah buruh terealisasi, hal itu bisa menjadi faktor positif untuk menunjang pertumbuhan konsumsi swasta.

Sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/11/08/2050341/Ekonom.Pertumbuhan.Ekonomi.RI.Bisa.Capai.6.persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar