Minggu, 10 November 2013

Tulisan Softskill 16 (Banyak Pengusaha yang Jadi Pedagang)

Nama : Shakina Dwiandari
NPM  : 26211720
Kelas  : 3EB19

Tulisan Softskill Bahasa Indonesia 2

Banyak Pengusaha yang Jadi Pedagang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyadari, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi rentan terhadap krisis, seperti yang terjadi tahun ini dan 2008. Akibatnya kata dia, banyak pengusaha yang hanya ingin menjadi pedagang dengan mengimpor.

Hal itu lantaran risiko menjadi pedagang relatif lebih rendah dibanding industrialis yang membangun pabrik. Lebih-lebih hubungan industrial yang kurang kondusif hingga menyebabkan banyak tuntutan buruh."Tapi kalau jadi pedagang terus, ngimpor terus, perekonomian kita enggak kokoh. Kalau bergerak dari industri lebih kokoh," kata Dahlan dalam Mandiri Investment Forum di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Lebih lanjut ia mengajak pengusaha yang selama ini memilih hanya berdagang saja untuk membangun industri. Beberapa pengusaha itu sebut Dahlan pernah memiliki pabrik. Namun, lantaran krisis 2008 mereka beralih menjadi pedagang. "Yang balik jadi pedagang segera kembali ke industri. Bagaimana insentifnya nanti diusahakan," katanya.

Ditanya wartawan industri macam apa yang penting dibangun dan dikembangkan di Indonesia, mantan Direktur Utama PLN itu mengatakan industri yang mampu menekan impor. "Kita buat daftar misal impor kita banyak minyak ya kita bangun kilang. Suku cadang otomotif masih banyak impor, kita bikin industrinya di sini. Impor buah kita banyak, harus bisa mencukupi," kata Dahlan saat meninggalkan forum.

 Analisis : Menurut saya karena pertumbuhan ekonomi yang sudah mengalami krisis banyak sekali pengusaha yang menjadi seorang pedagang. Hal itu lantaran risiko menjadi pedagang relatif lebih rendah dibanding industrialis yang membangun pabrik. Lebih-lebih hubungan industrial yang kurang kondusif hingga menyebabkan banyak tuntutan buruh. Harga kebutuhan pokok juga sudah mulai menaik, mungkin bagi mereka berdagang adalah mata pencaharian yang cocok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

 Tetapi jika kita sudah menjadi seorang pedagang jangan lah kita mengimport barang karena membuat perekonomian semakin defisit. Sebaiknya kita berekspor agar hasil dagangan kita juga dapat di beli oleh orang luar negeri dan membuat perekonomian di negara semakin membaik

 

Sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/11/11/1312302/Dahlan.Banyak.Pengusaha.yang.Jadi.Pedagang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar